Home > Destinasi > AIR TERJUN BENANG KELAMBU SETOKEL LOMBOK TENGAH

AIR TERJUN BENANG KELAMBU SETOKEL LOMBOK TENGAH

Air Terjun Benang Kelambu Setokel Lombok Tengah

Air Terjun Benang Kelambu Setokel Lombok Tengah adalah destinasi wisata alam yang dekat dengan Kota Mataram.

Jadinya kita bisa dengan mudah menjangkau air terjun ini. Hal ini tentunya memudahkan kita yang ingin wisata tipis – tipis di sela kesibukan saat berada di Kota Mataram.

Nah, agar lebih jelas seperti apa kondisi dari spot ini, Traveler Cantik akan bahas tuntas dalam tulisan ini. Jadinya Anda harus baca sampai selesai ya.

Kita akan bahas mulai dari kondisi kedua air terjun itu seperti apa, bagaimana cara menjangkaunya hingga apa saja yang perlu kita persiapkan untuk traveling ke sana.

AIR TERJUN BENANG KELAMBU SETOKEL LOMBOK TENGAH

Okay kawan, sebelum kita bicara tentang Benang Kelambu ataupun Benang Setokel Lombok, mungkin yang perlu Anda cermati adalah daerah Lombok Tengah.

Air Terjun Benang Kelambu Setokel Lombok Tengah

Selama ini bayangan kita tentang daerah Lombok Tengah adalah daerah yang dekat dengan Bandara Lombok ataupun Pantai Kuta.

Nyatanya, wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini ternyata juga berbatasan Kabupaten Lombok Barat yang berdekatan dengan Kota Mataram.

Dengan adanya spot menarik inilah, bisa kita sebut daerah Lombok Tengah kaya spot wisata. Tidak hanya banyak spot wisata di bagian selatan pulau Lombok, namun ternyata ada juga spot wisata Lombok Tengah yang ada di jalur kaki Gunung Rinjani.

Yups, kaki Gunung Rinjani bagian selatan juga bisa menyambung ke daerah Lombok Tengah. Dan begitu pula aliran airnya. Tak mengherankan, ada banyak air terjun juga yang ada di bagian selatan kaki Gunung Rinjani.

Salah satunya adalah Benang Kelambu Setokel Lombok ini. Maksudnya adalah Air Terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Benang Setokel.

EXPLORE AIR TERJUN BENANG KELAMBU SETOKEL LOMBOK TENGAH

Kami sebut Benang Kelambu Setokel karena kedua air terjun ini memang ada di satu kawasan wisata yang sama. Dan kita bisa menjelajah keduanya secara bersamaan.

Hal ini pula yang bisa kita gunakan sebagai paket one day tour air terjun Benang Kelambu Setokel seperti yang ada dalam paket tour TRAVELER CANTIK.

Okay, sekarang kita bahas tentang Benang Kelambu dulu ya, meskipun lokasinya lebih jauh dibanding Benang Setokel Lombok, namun Kelambu lebih terkenal selama ini.

Air Terjun Benang Kelambu
nampak terjunan yang seperti kelambu atau tirai

Ketenaran Benang Kelambu ini karena bentuk jatuhnya air dari ketinggian yang unik. Mirip seperti halnya tirai atau kelambu yang terbuat dari benang ataupun gorden model tali.

Air yang jatuh dari ketinggian melewati tanaman – tanaman liar yang tumbuh di dinding bebatuan. Akibat ada tanaman yang jadi semacam saringan ini, akhirnya air tetap turun dengan tersaring seperti halnya shower raksasa.

Hasilnya ?? Seperti kalau Anda mandi shower, air mengucur indah dan nyaman. Bedanya, lebar dari tanaman yang jadi filter ini memanjang. Akhirnya jadi seperti shower yang memanjang dan terbentuk seperti halnya kelambu ataupun tirai atau gorden.

Keindahan dan kenikmatan Benang Kelambu ini juga bisa kita nikmati di bagian bawahnya.

Ada banyak bebatuan datar di bawah air terjun dan hingga ada yang membentuk seperti halnya bendungan kecil.

Kita bisa mandi dan main – main air di bendungan – bendungan kecil yang alami ini. Nikmat dan segar rasanya. Apalagi, di sekililing air terjun ini pepohonan masih rindang. Jadinya membuat kita terasa nyaman dan betah berlama – lama di sini.

Apalagi saat trip bersama pasangan yang sah, Anda dan pasangan bisa memadu kasih di sini. Iya kan 😀

Bagaimana kawan ? sudah terbayangkan tentang Air Terjun Benang Klambu ini kan ?

Beda halnya dengan karakteristik bentuk Benang Kelambu, Benang Setokel Lombok justru mengucur deras layaknya air terjun pada umumnya.

Namun, uniknya adalah ada dua aliran pancuran atau terjun yang terbentuk di Benang Setokel Lombok ini. Oleh karenanya, orang – orang sering menyebutnya sebagai air terjun kembar.

Air Terjun Benang Setokel Lombok
nampak aliran Benang Setokel Lombok saat debit air sedikit

Soal ketinggian dari Benang Setokel Lombok ini bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Dari dasar kolam di bawahnya, Benang Setokel menjulang sekitar 15 – 20 meter saja. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang ada di Benang Setokel Lombok tetaplah menarik.

Kita pun juga bisa menikmati Benang Setokel Lombok dengan cara berenang – renang kecil di kolam yang ada di bawahnya. Dan tentunya ini bisa kita lakukan saat musim penghujan tiba, yang mana kondisi debit airnya banyak.

WAH, BENANG KELAMBU SETOKEL LOMBOK TENGAH MEMANG MANTAB

Dengan keunikan dan kesegaran yang sudah terbayang di depan mata, Anda akan mulai bertanya – tanya. Sebenarnya bagaimana cara mencapai lokasi kedua air terjun ini.

Nah, kalau kita sebagai traveler yang sedang bertugas di Kota Mataram ataupun Senggigi, maka ini adalah hal yang lebih mudah. Kita bisa berkendara ke arah timur (Lombok Timur) hingga mencapai wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Nah, nanti pas di sebuah pertigaan yang masuk wilayah Desa Aik Berik, ada papan petunjuk menuju destinasi Benang Setokel dan Kelambu ini. Kita selanjutnya bisa berbelok kiri.

Oh iya, Desa Aik Berik ini lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata Taman Narmada kok.

Selanjutnya kita akan melewati area persawahan dan pedesaan. Bisa jadi, Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan lokasi dari Air Terjun Benang Setokel Lombok plus Kelambu ini. Sebab (setidaknya sampai saat ini) sesudah masuk area pedesaan ini mulai sedikit papan petunjuk jalannya.

Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa tanya – tanya warga yang memang ramah kok. Atau kalau mau lebih mudah lagi memang perlu ikut Paket Tour dan didampingi guide. Anda tinggal menikmati perjalanan dan tidak perlu khawatir kesasar 😀

Sesampainya di gerbang masuk tempat wisatanya, selanjutnya bagaimana ?

Begitu kita sampai di lokasi, dari kejauhan akan nampak Air Terjun Benang Setokel Lombok. Kita perlu menuruni ratusan anak tangga hingga mencapai air terjun ini.

Bisa dibilang anak tangga di sini tidaklah terlalu curam. Karena dari kejauhan saja sudah nampak air terjunnya, selama menuruni anak tangga kita bisa sambilan foto – foto atau selfie 😀

Biar ga terasa capeknya, iya kan ?

Dengan hanya menuruni anak tangga dan kemudian berjalan kaki sebentar, kita sudah bisa sampai di kolam terjunan air dari Benang Setokel Lombok. Anda tinggal nikmati deh…

Terus kalau untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu bagaimana ?

Air terjun yang kedua ini lokasinya memang lebih masuk ke kawasan hutan. Bisa dibilang menuju arah Taman Nasional Gunung Rinjani.

Bagi yang ingin secara adventure menyusuri hutan dengan jalan kaki, maka ini akan jadi hal yang lebih menantang.

Perjalanan masuk ke Benang Kelambu dengan jalan kaki hanya sekitar 20 – 30 menit saja dari Benang Setokel.

Jalur trekking yang kita lalui pun tidaklah sulit, relatif mudah. Namun tetap saja kita perlu menuruni anak tangga lagi 😀

TERASA MUDAH SAJA MENUJU KEDUA AIR TERJUN INI !!!

 Kalau sudah ada gambaran tentang lokasi wisata dan cara menuju ke sana, Anda akan bertanya – tanya tentang budget yang perlu disiapkan.

Hehehe…. kalau soal budget wisata alam ini bisa dibilang tidak perlu banyak – banyak uang kok. Kecuali kita ambil beberapa fasilitas yang ada di sana.

Yang saya maksudkan fasilitas ini diantaranya adalah penggunaan Guide lokal di sana. Tentunya kita bisa siapkan dana Rp.50.000,- sampai dengan Rp.100.000,- untuk tips ke Guide lokal di sana. Dia bisa membantu kita saat kesulitan, baik itu saat tiba – tiba kondisi hujan ataupun hal lainnya.

Selain dari tiket masuk wisata yang memang wajib, di sana juga ada fasilitas lain berupa Ojek Sepeda Motor. Ini bisa Anda gunakan untuk memperpendek jalur tempuh ke Air Terjun Benang Kelambu. Dan biaya ojek ini setidaknya Rp.75.000,- sekali jalan.

Yang jelas, untuk penggunaan fasilitas ini bisa kita tawar. Ada yang berhasil dan ada juga yang tidak.

Namun yang PASTI, Anda bisa gunakan saja jasa Travel Agent Lombok dan pesan paket tour ke Benang Kelambu Setokel Lombok ini. Dalam satu paket harga Anda bisa dapat fasilitas pas.


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=-hQNrpo3yh8 ( Published by Dudi Nining Official) 

Oh iya, sebagai informasi, untuk makan besar, mungkin perlu Anda siapkan sendiri ya. Setidaknya sampai tulisan ini kami tulis, yang ada di sekitar Benang Setokel Lombok dan Kelambu ini hanya warung – warung kecil yang menyediakan minuman dan snack.

Okay kawan, sampai sini dulu untuk ulasan dari Traveler Cantik tentang Air Terjun Benang Kelambu Setokel Lombok Tengah. Jika ada pertanyaan, bisa hubungi CS kami yang ramah. Anda tinggal klik link di bawah ini dan akan terhubung langsung via chat WA :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *