Home > Destinasi > AIR TERJUN TIU KELEP SENDANG GILE SENARU LOMBOK

AIR TERJUN TIU KELEP SENDANG GILE SENARU LOMBOK

Air Terjun Tiu Kelep Sendang Gile Senaru Lombok

Air Terjun Tiu Kelep Sendang Gile Senaru Lombok ini merupakan dua air terjun yang sebenarnya bisa kita jangkau dalam satu waktu trip.

Banyak hal menarik dan mengasikkan yang bisa kita alami selama trip di kedua air terjun yang berada di daerah Senaru Lombok ini.

Oleh karena itu, TRAVELER CANTIK kali ini akan bahas tentang kedua air terjun ini.

Sebab jika kita ulas satu – satu sepertinya sayang dan nantinya kurang jelas. Sementara jika tujuan kita adalah trip ke air terjun dan wisata alam, maka kedua air terjun ini saling berkait.

Untuk mencapai Tiu Kelep, kita perlu melewati Sendang Gile terlebih dahulu. Sedangkan jika hanya menikmati Sendang Gile tanpa ke Tiu Kelep, rasa – rasanya ada yang kurang dan terasa biasa saja.

AIR TERJUN TIU KELEP SENDANG GILE SENARU LOMBOK

Destinasi wisata alam ini berada di daerah Senaru yang merupakan kaki Gunung Rinjani. Tak ayal udara segar selama perjalanan ke Senaru pun juga akan kita dapatkan.

Air Terjun Tiu Kelep Sendang Gile Senaru Lombok Utara

Perbukitan, kebun sayur dan pemandangan khas pegunungan bisa kita temui selama perjalanan trip ke air terjun Tiu Kelep Sendang Gile ini.

Jarak tempuh yang bisa kita lalui dari Kota Mataram sekitar 2,5 sampai 3 jam perjalanan berkendara. Selama perjalanan ini pun kita akan melewati pemandangan hutan, perkampungan dan juga pantai.

Lengkap juga ya pemandangannya πŸ˜€

Dan begitulah nikmat yang Allah berikan kepada penduduk Lombok dan para wisatawan yang datang ke pulau seribu masjid ini.

Dari Kota Mataram menuju Senaru Lombok, kita bisa melalui dua pilihan jalur, yaitu melalui Hutan β€œmonyet” Pusuk sehingga kita bisa berfoto dan interaksi dengan monyet liar, dan alternatif lainnya melalui jalur Senggigi. Tentunya pilihan kedua kita akan dapat view luar biasa serasa di luar negeri berupa pantai dan perbukitan.

Kedua jalur tersebut nantinya akan bertemu di daerah Pemenang yang merupakan daerah penyeberangan ke Gili Trawangan.

Selanjutnya kita tinggal berkendara lurus ke arah timur menuju Senaru Lombok. Selama perjalanan ini kita akan disuguhkan pemandangan menarik dan juga beberapa spot wisata sebenarnya. Namun, jika kita ingin singgah di spot wisata itu, tentunya waktu trip ke air terjun Senaru Lombok ini jadi terpotong.

EXPLORE AIR TERJUN TIU KELEP SENDANG GILE SENARU LOMBOK

Okay kawan, tidak panjang lebar lagi, saatnya kita bahas lebih detail tentang kedua air terjun di Senaru Lombok ini.

Sesampainya di daerah Senaru Lombok, yang perlu Anda perhatikan adalah ikuti arah yang menuju puncak Rinjani. Maksudnya adalah ketika Anda tiba di daerah Senaru dan menemui persimpangan berupa pertigaan, Anda ambil jalur yang ke atas atau seakan menuju puncak gunung.

Setibanya di gerbang masuk wisata air terjun di Senaru Lombok ini, kita perlu bayar tiket masuk terlebih dahulu dan pesan guide lokal untuk memandu kita. Sebab untuk bisa masuk sampai ke Tiu Kelep perlu panduan khusus. Sedangkan ke Sendang Gile relatif mudah kita sasar.

Saran kami, sebelum Anda trekking masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini, Anda perlu makan terlebih dahulu. Di sekitar pintu masuk wisata Senaru Lombok ini ada beberapa restoran dan warung makan. Kecuali jika Anda sudah membawa bekal sendiri dan sengaja akan makan sambil menikmati alam nantinya πŸ˜€

Bagaimana proses perjalanan menuju spot waterfall ini ?

Nah, spot air terjun pertama yang akan kita kunjungi adalah Sendang Gila. Dengan menuruni ratusan anak tangga dari pintu masuk tadi, kita bisa langsung menjumpai Sendang Gile.

Cucuran atau grojogan air yang ada di Sendang Gile ini relatif biasa atau sedang. Meskipun demikian, tetap kita bisa menikmati keindahan dan suasana yang tercipta di sini.

Kita bisa menikmati dan explore Sendang Gile di bawah grojogan atau cucuran airnya yang ada di bawah. Di sini relatif lebih aman untuk melakukan hal ini. Selain itu, aliran sungai kecil yang ada di sekitarnya juga nyaman untuk kita rendami πŸ˜€

Air Terjun Sindang Gila
menikmati Air Terjun Sendang Gile

Spot fotonya jadi lebih menarik saat kita ambil dari aliran sungai ini.

Oh iya, yang perlu Anda ingat, jaga selalu kebersihan di sini ya. Sebab dengan mudahnya akses menuju spot Sendang Gile dan digoda dengan keindahan serta keasrian lokasinya. Banyak pengunjung yang justru sembarangan membuang sampah makananannya.

Terutama ya itu tadi, mereka banyak yang makan siang ataupun sekedar nyemil. Namun lupa atau secara tidak sadar membuang sampah sembarangan saja.

Dan tahukah Anda ???

Bahwa Sendang Gile ini ternyata punya latar belakang tersendiri dari namanya. Orang – orang menyebut demikian karena memang ada latar belakang cerita rakyat yang berkembang di sini.

Entah karena suatu hal, waktu itu ada singa yang sedang berlarian ketakutan dan melarikan diri. Kemudian singa tersebut akhirnya naik manjat ke atas hingga akhirnya terbentuk air terjun ini.

Dan selanjutnya seperti yang kita ketahui bersama namanya saat ini. Sendang ini sebenarnya berasal dari kata Singang atau yang berarti Singa. Sedangkan Gile berarti Gila. Jadinya Sendang Gile punya arti Singa Gila.

Okay, sekarang kalau Tiu Kelep bagaimana ya ?Β 

Nah, untuk mencapai lokasi spot Air Terjun Tiu Kelep ini lebih menantang. Dan oleh karenanya kita perlu guide lokal untuk memandu kita. Sebab mereka tahu persis jalan yang aman dilalui. Selain itu, jika terjadi bencana alam, setidaknya mereka lebih paham jalur evakuasinya.

Soal evakuasi dan guide lokal, ini ada kisah nyata dimana seorang guide kecil yang menyelematkan wisatawan yang ada di area Tiu Kelep pada saat gempa bumi di Lombok waktu silam.

Well,, balik lagi kita ke cara menuju Tiu Kelep. Selama perjalanan atau trekking ini, kita akan mendapati beberapa tantangan seperti menyeberangi sungai kecil, melewati selokan irigasi yang asik dan juga bebatuan besar yang perlu kita lewati.

trekking sebrang sungai ke Tiu Kelep
trekking sebrang sungai ke Tiu Kelep

Inilah sensasi yang bisa kita nikmati ketikan menuju air terjun yang kedua ini, yaitu Tiu Kelep.

Selain sensasi perjalanan ini, begitu Anda sampai di sana, semua kelelahan dan perjuangan Anda akan terbayarkan.

Pemandangan di sana jauh lebih keren dibanding Sendang Gile. Air yang mengalir atau grojogannya lebih deras. Selain itu, bagi Anda yang berani dan berfisik kuat, bisa coba masuk ke celah gua yang ada di balik grojogan air terjun ini.

Bahkan, untuk sekedar berendam di bawah cucuran airnya pun juga sudah mengasikkan dan dingin loh πŸ˜€

Inilah alasan mengapa kami sangat menyarankan Anda untuk sekalian menuju ke air terjun yang kedua ini, yaitu Tiu Kelep.

WAH,, MAKIN AMAZING DAN PENASARAN SAYA JADINYA πŸ˜€

Memang tidak akan lebih terbayangkan kenikmatan sensasi ke Tiu Kelep Sendang Gile ini sebelum Anda benar – benar menuju ke daerah Senaru Lombok ini.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=zb9imvqCknk (published by Filip Rudolphson)

Soal biaya, Anda tidak perlu khawatir. Sebab tiket masuknya relatif terjangkau kok. Dan memang ada perbedaan antara harga tiket masuk wisatawan Domestik dan wisatawan Mancanegara.

Sedangkan untuk tips guide lokal tadi, kisarannya Rp.85.000,- sampai Rp.100.000,- untuk satu guide selama trip ke air terjun tersebut.

Nah, kemudian kalau untuk budget makan tentunya bisa Anda antisipasi sendiri. Sebab jika kita makan di restoran sekitar gerbang masuk wisatanya, salah – salah Anda masuk ke resto yang mahal harganya.

Jika ingin berpetualang secara backpacker, tentunya dengan beli nasi bungkus dari Kota Mataram akan lebih hemat. Anda pun bisa menikmatinya sambil merasakan nuansa alam. Tapi yang pasti, selalu jaga kebersihan ya πŸ˜€

Okay kawan, jika masih ada pertanyaan untuk Air Terjun Tiu Kelep Sendang Gile Senaru Lombok ini, jangang sungkan untuk hubungi kami. Bahkan jika perlu panduan Harga Paket Wisata Lombok juga bisa chat dengan CS kami :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *