Home > Destinasi > GILI PETELU LOMBOK ALIAS PULAU TIGA

GILI PETELU LOMBOK ALIAS PULAU TIGA

Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga

Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga adalah salah satu spot wisata di kawasan Pantai Pink yang perlu kita kunjungi.

Warga lokal menyebutnya sebagai Gili Petelu, namun kalau orang awam bisa menyebutnya sebagai Pulau Tiga.

Dan memang arti dari gili adalah pulau dan petelu sama dengan tiga πŸ˜€

Nah, kelebihan dari Gili Petelu alias Pulau Tiga ini adalah dari segi alam bawah lautnya yang relatif masih terjaga. Baik dari segi terumbu karang, biota laut seperti ikan – ikannya dan hewan lainnya juga masih bagus kondisinya.

Sementara kalau untuk air lautnya, tentunya hal ini sejalan dengan kondisi di bawahnya. Terumbu karang yang masih kondusif membuatnya air laut di perairan ini masih jernih dan berwarna hijau tosca kombinasi biru. Keren jadinya.

Karena keindahan dan potensi alamnya inilah, TRAVELER CANTIK jadi ulas lebih dalam tentang gili yang cantik ini.

GILI PETELU LOMBOK ALIAS PULAU TIGA

Gili Petelu Lombok ini memang baru tereksplor seiring dengan semakin terkenalnya Pantai Pink Lombok atau yang bernama Pantai Tangsi.

Dalam jalur wisata Pantai Pink Lombok via jalur laut, kita akan melewati Gili Petelu alias Pulau Tiga ini.

Keunggulan dari Pulau Tiga ini juga didukung oleh keindahan spot – spot yang ada di sekitarnya. Kita bisa eksplor keindahan alam bawah lautnya, ataupun view dari atas batu karang yang ada di Gili Petelu ini.

Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga Pink

Pulau Tiga ini juga bisa jadi tempat peristirahatan sejenak bagi Anda yang kelelahan snorkeling.

Namun, Anda juga perlu tetap waspada saat berada di pulau ini.

Sebab, di Gili Petelu ini juga hidup monyet – monyet liar yang mereka bebas makan dan berkelakuan, maklum saja namanya juga liar πŸ˜€

Entah datangnya dari mana monyet – monyet itu, namun nyatanya memang akhirnya Pulau Tiga juga jadi tempat tinggal para monyet. Uniknya, mereka tidak khawatir dengan kondisi lautan di sekitarnya.

Dan perlu Anda Anda ketahui juga bahwa sebenarnya gili atau Pulau Tiga ini tidak terlalu luas juga. Daratannya cukup kecil. Kalau misal Anda berkeliling jalan kaki, mungkin hanya sekitar 5 – 10 menit saja. Jadi bentuknya memang hanya seperti sebuah daratan kecil di tengah lautan.

MAKIN SERU AJA BAHAS GILI PETELU LOMBOK ALIAS PULAU TIGA

Tentu saja dong, apalagi kalau kita sudah benar – benar eksplore kondisi alam bawah lautnya.

Anda bisa snorkeling dengan kondisi arus bawah laut yang relatif stabil dan tenang. Visibility airnya pun bagus di perairan sini. Sehingga Anda benar – benar termanjakan oleh pemandangan yang ada.

Tingkat kedalam dari perairan spot snorkeling ini juga relatif sedang kok. Hanya sekitar 1,5 – 2,5 meter saja. Memang beberapa spot ada yang sampai kedalaman 5 meter. Namun Anda akan jelas membedakannya begitu Anda nyemplung snorkeling di sini πŸ˜€

Kalau saya tidak bisa berenang apa bisa tetap menikmati keindahan alam bawah laut ini ?

Kalau Anda menggunakan jasa boat atau maksudnya sewa boat, biasanya boatman tersebut bersedia memandu Anda.

Yang terpenting nantinya Anda juga pengertian kepada mereka, ya,,, setidaknya Anda bisa kasih tips ke mereka. ^_^

Boatman tersebut bisa memandu dan menemani Anda untuk snorkeling. Mereka juga bisa bantu ambil gambar ataupun video dalam air menggunakan kamera Anda sendiri.

Dan biasanya juga, dalam boat tersebut sudah tersedia jaket pelampung. Jadinya Anda pun bisa memakainya agar lebih aman.

Kemudian untuk alat snorkeling, Anda harus pesan terlebih dahulu ke boatman tersebut sebelum perahu berangkat. Namun alat snorkeling ini sewa ya, ga gratis πŸ˜€

Makin menarik, itu kalau ke Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga berapa lama dan berapa sewa kapalnya ?

Untuk waktu tempuh, sebenarnya relatif sih.

Maksudnya adalah tergantung dari beberapa faktor seperti kondisi gelombang air laut, angin dan juga Anda mampir – mampir ke tempat lainnya atau ga. Maklum saja, sepanjang perjalanan nantinya Anda akan mendapati spot – spot yang juga menarik.

Jika Anda fokus langsung berangkat dari daerah Tanjung Luar, maka Anda bisa naik kapal selama kira – kira 30 menit untuk sampai di Gili Petelu ini. Hal ini juga kalau kondisi gelombang air lautnya normal.

Sebaliknya, jika gelombang agak tinggi dan angin laut kencang, maka setidaknya kita perlu waktu tempuh sekitar 45 menitan.

Kemudian kalau untuk harga sewa kapal ini relatif terjangkau.

Oh iya, saya perjelas lagi sebelum lanjut ya. Kita akan naik Charter BoatΒ ini dari daerah Tanjung Luar Lombok Timur. Di Tanjung Luar ini ada dua lokasi naik perahunya. Yaitu ada di kawasan Pasar Ikan / TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan juga di pinggir pantai sekitar resto Tanjoh.

Di kedua spot penyeberangan ini harga sewa kapalnya bisa dibilang relatif hampir sama. Yang membedakan adalah suasana lokasi penyeberangan, tawar menawar harga dengan boatman di sana dan juga ketersediaan fasilitas umumnya.

Harga umum penyewaan boat ini berkisar Rp.600.000,- sampai dengan Rp.700.000,-, tergantung dari negosiasi Anda. Syukur – syukur Anda bisa dapat harga yang lebih murah lagi πŸ˜€

contoh bentuk boat ke Gili Petelu Pulau Tiga
contoh bentuk boat untuk trip ke kawasan Gili Petelu dan Pantai Pink

Dan seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tentunya juga perlu jeli dalam memilih boatman serta perahu yang akan digunakan.

Kemudian kalau untuk tips boatman yang memandu snorkeling di Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga, berapa ya ?

Untuk besaran tips ke boatman ini sebenarnya tidak ada patokan. Tentunya yang terpenting adalah Anda ikhlas.

Namun jika ingin bentuk angka yang wajar, mereka bisa dikasih tips senilai Rp.50.000,- sudah cukup.

Oh iya, ada yang kelupaan saya sampaikan. Yaitu tentang makan siang Anda selama di sana.

Emang ga ada warung makan di Gili Petelu alias Pulau Tiga ini ya ?

Itu dia kawan, saking masih alaminya destinasi wisata ini, yang ada di sana adalah hewan liar dan tumbuhan liar saja.


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=8KrNqRYyx6E (published by Keira & Kenzo Channel)Β 

Oleh karena itu, jika Anda yang ingin trip ke gili ini perlu persiapan bekal makan dan juga minum. Anda bisa beli bekal di pulau Lombok entah itu di daerah sekitar Lombok Timur ataupun lainnya.

Dan jika Anda ingin sensasi masakan seafood segar, Anda juga bisa pesan ke boatman tersebut. Namun biasanya ini bisa disediakan sehari sebelum keberangkatan. Namun jika langsung go show di hari itu, mungkin hanya beberapa boatman tertentu saja yang bisa menyediakan.

Bagaimana kawan ?? sampai sini sudah jelas tentang gili yang berada di dekat Pantai Pink Lombok ini kan?

Namun jika Anda masih perlu penjelasan yang lebih detail lagi, jangan sungkan untuk hubungi kami. Anda tinggal klik link di bawah ini dan tanyakan dengan CS kami tentang Gili Petelu Lombok alias Pulau Tiga ini :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *