Home > Destinasi > GILI TRAWANGAN LOMBOK SNORKELING DIVING

GILI TRAWANGAN LOMBOK SNORKELING DIVING

gili trawangan lombok snorkeling diving

Gili Trawangan Lombok Snorkeling Diving ini kami angkat jadi uraian lebih detail karena memang banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Khususnya bagi para pecinta wisata alam bawah laut, baik dari mancanegara ataupun domestik tertarik untuk datang ke sana.

Apalagi, dengan semakin mudahnya akses ke Trawangan dari Bali. Sehingga kedua sentra wisata ini pun jadi makin terhubung.

Oleh karena itu, anda wajib baca sampai selesai ulasan dari TRAVELER CANTIK ini ya.

GILI TRAWANGAN LOMBOK SNORKELING DIVING

Bisa jadi, Anda mengenal Lombok dan Gili Trawangan adalah dua tempat yang berbeda. Ini pun juga yang sering kami temui dari pertanyaan tamu – tamu kami.

gili trawangan lombok snorkeling diving murah

Nyatanya, memang secara geografis antara Lombok dan Trawangan adalah dua pulau yang berbeda. Namun, yang perlu kita ketahui adalah teritorial Gili Trawangan masuk dalam administrasi Lombok Utara. Yang mana pusat atau ibu kota Kabupaten Lombok Utara memang berada di daratan pulau Lombok.

Hal inilah yang membuat Kabupaten Lombok Utara (KLU) menjadi daerah dengan pendapatan yang cukup besar PAD-nya karena meskipun tergolong kabupaten termuda di pulau Lombok (setidaknya sampai tulisan ini kami buat).

Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Gili Trawangan Lombok, membuat perekonomian masyarakat di sekitarnya menjadi lebih hidup.

Sebut saja mulai dari tukang parkir, jasa penitipan motor atau mobil inap, operator cidomo, hotel mulai dari yang kelas backpacker hingga bintang 4 dan lain sebagainya.

Tak ayal, Trawangan jadi salah satu hal yang menarik bagi investor juga, selain para wisatawannya juga ya.

Bisa dibilang dari tahun ke tahun Gili Trawangan ini semakin ramai, seiring semakin banyaknya fast boat penyeberangan dari Bali direct ke Trawangan Lombok dan sebaliknya. Hal ini memudahkan para wisatawan yang ada di Bali untuk langsung menikmati Trawangan tanpa harus singgah di pulau Lombok.

Semakin menarik ini sepertinya pembahasan tentang Gili Trawangan Lombok ini 😀

EXPLORE GILI TRAWANGAN LOMBOK SNORKELING DIVING

Sebagai destinasi yang paling ramai di provinsi Nusa Tenggara Barat, Gili Trawangan Lombok memang menawarkan banyak kesenangan dan keindahan. Khususnya para pecinta snorkeling diving.

Bahkan, bagi Anda para honeymooners, gili yang satu ini juga banyak dicari sebagai tempat honeymoon. Hal ini terbukti dari banyaknya pencarian kata kunci Honeymoon Gili Trawangan di google 😀

Khusus untuk kegiatan Lombok snorkeling diving ini, Trawangan Lombok memang punya beberapa spot. Dan tentunya bisa kita kombinaikan juga dengan menikmati spot di dua gili sebelahnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Spot diving Trawangan Lombok dan sekitarnya yang terkenal ada spot Manta Point, Shark Point, Turtle Point dan Kapal Karam. Beberapa spot diving di Trawangan dan sekitarnya ini bisa kita jangkau mulai dari pagi hingga sore hari.

Bagaimana dengan hanya ingin sekedar snorkeling ?

Nah, khusus snorkeling bisa Anda nikmati di tepian pantai Gili Trawangan Lombok ini. Namun, ingat, tidak semua garis pantai di Trawangan Lombok ini cocok untuk kita jadikan spot snorkeling ya.

Spot terbaik untuk snorkeling tentunya yang punya pemandangan bawah laut yang masih bagus dan juga aman. Dan ini ada di bagian selatan Gili Trawangan Lombok ini. Lebih khususnya di daerah sekitar penangkaran penyu dan menghadap ke Gili Meno.

Pemandangan dari pantainya bagus, ada pepohonan yang membuat atmosfer pantai jadi lebih rindang dan sejuk. Tak heran, di sekitar sini ramai dengan para wisatawan mancanegara yang berjemur di garis pantai selatan ini.

Untuk terumbu karangnya pun relatif lebih terjaga. Jadinya cocok untuk snorkeling.

Bagaimana kondisi bagian lain dari Gili Trawangan Lombok ini ?

Kalau kita menjelajah ke sisi timur pulau, setidaknya sampai saat ini memang punya pemandangan yang relatif masih bagus. Beberapa spotnya ada yang ombaknya masih kecil, terutama sisi yang berbatasan dengan bagian selatan.

Sedangkan pada sisi timur yang lebih ke utara, ombaknya relatif besar karena memang langsung berhadapan dengan Laut Jawa. Tak heran, pada beberapa bagian di sini sering kita jumpai pantai yang tergerus dengan abrasi.

Keadaan potensi abrasi ini juga dijumpai di bagian utara Trawangan. Oleh karena itu, beberapa resort dan villa membuat bronjong sebagai penahan abrasi di pantai yang mereka hadapi.

Kemudian jika terus berjalan ke arah barat, kondisinya relatif lebih aman dari abrasi. Sebab kondisi pantainya memang mulai banyak bebatuan karang di sini.

Jadinya ombak di pinggir pantainya akan lebih kecil karena pecah terkena bebatuan di dasar pantai. Tapi soal pemandangan, bagian barat ini juga tidak kalah bagusnya kok.

Maka tak heran jika sekelas Hotel Aston dan Hotel Ombak Sunset mendirikan hotel mereka di bagian ini. Viewnya bagus saat sunset.

sunset di Gili Trawangan bagian barat
sunset di Trawangan bagian barat

Dan tahukah Anda kalau di Trawangan ini juga ada spot untuk surfing ataupun main watersport yang lebih extreme ?

Spot ini ada di bagian barat yang berbatasan dengan bagian selatan Trawangan. Ombaknya relatif besar karena memang berhadapan dengan Selat Bali.

Namun begitu air laut surut, spot di sini akan terasa luas karena bebatuan karangnya jadi lebih terlihat di bagian ini.

Tentunya dengan kondisi seperti ini, cocoknya adalah untuk Anda yang suka dengan tantangan.

Hal ini bisa kita lihat, memang tidak banyak wisatawan yang menikmati keindahan Trawangan dari spot ini. Kondisinya lebih sepi. Tentu bagi Anda honeymooners yang sedang hunting spot sepi di Trawangan, spot di sini adalah yang cocok 😀

Bagaimana cara kita nikmati Trawangan ke semua spot ini ?

Solusi menginap di Trawangan Lombok meskipun 1 malam adalah cara yang tepat. Sehingga kita bisa punya waktu yang lebih panjang.

Sebab perlu kita ingat juga, saat kita berangkat nyeberang dari Lombok ke Trawangan pakai Public Boat, maka batas penyeberangan Public Boat ini adalah maskimal jam 17.00 WITA. Sedangkan setelahnya menggunakan Speed Boat yang mana harus kita sewa atau charter. Jadwal ini berkaitan dengan keamanan penyeberangan.

Nah, bagi Anda yang menginap di Gili Trawangan Lombok Utara ini, transportasi yang kami sarankan adalah sepeda. Selain harganya terhitung murah nantinya, waktunya lebih fleksibel dan kita juga bisa bebas berhenti dimanapun kita inginkan.

Berbeda dengan transportasi Cidomo, yaitu sejenis andong yang ban keretanya pakai ban mobil. Kita hanya akan diantar berkelliling pulau saja. Dan kita tidak berhenti sesuka kita dimana ada spot yang bagus.

bersepeda menikmati Gili Trawangan
bersepeda menikmati Gili Trawangan Lombok

Terus kalau jalan kaki bagaimana ?

Kalau kita jalan kaki keliling pulau memang bisa – bisa saja, namun memang akan terasa lebih jauh, terutama bagi Anda yang tak pernah berolah raga 😀

Okay, bagaimana dengan akomodasi penginapaan dan makan di Trawangan Lombok Utara ini ?

Untuk penginapan sebenarnya bisa kita pilih, tergantung dari :

  1. Lokasi dan suasana yang kita inginkan
  2. Budget yang kita punya

Perlu Anda ketahui bahwa Gili Trawangan punya berbagai macam penginapan dari yang mulai berbudget backpackeran yang hanya menyediakan kamar tidur fasilitas kipas angin hingga resort berstandard bintang 4 juga ada.

Tentunya harga yang ditawarkan juga akan berpengaruh pada fasilitas dan kondisi penginapan tersebut.

Dan satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa harga pasaran penginapan di Gili Trawangan ini berbeda dengan yang ada di daratan Pulau Lombok loh. Sebab dengan harga kamar yang tipe backpackeran saja setidaknya Anda bisa dapat hotel bintang 2 lengkap dengan AC di pulau Lombok.

Atau untuk yang berstandard AC biasa di Trawangan, dengan harga sama Anda sudah bisa hotel bintang 4 di Lombok.

Apalagi yang standard bintang 4 di Gili Trawangan Lombok Utara ini ya ? 😀

Kemudian untuk makanan pun juga berbeda standard harganya loh. Bagi wisatawan, jika Anda makan di resto – resto lokal pinggir pantai Trawangan, Anda perlu siapkan dana setidaknya Rp.75.000,- sampai Rp.150.000,- per orang.

Kok Mahal ya ??

Ya itulah kondisi standard harga di Trawangan. Namun tentunya sebenarnya ada solusi bagi Anda para backpacker. Anda bisa makan secara bungkusan, alias nasi bungkus yang harganya masih bisa dikisaran Rp.15.000,- per bungkus. Anda juga bisa cari warung makan Sasak di bagian dalam atau perkampungan gili ini. Harganya lebih terjangkau dibanding restoran pinggir pantai.

Oh iya, khusus untuk baju – baju yang dijual di toko baju sepanjang pinggir pantai. Saya pribadi menyarankan kepada Anda kalau tidak darurat, mending Anda beli di pulau Lombok saja. Sebab harganya sudah sangat jauh, bisa sampai Rp.400.000,- untuk baju biasa. Bagaimana ???

Ternyata untuk berwisata di kawasan Trawangan Lombok Utara apalagi untuk snorkeling diving ini memang perlu dana mahal ya ??

Hehehe…… kalau untuk budget sekali lagi, sebenarnya ada beberapa altnernatif yang bisa kita siasati.

Mungkin Anda berpikir untuk snorkeling diving di sana berbiaya mahal, secara untuk makanan saja sudah mahal.

Ya,,, memang bisa dibilang begitu. Namun saya kira pengalaman yang akan Anda dapatkan masih setimpal dengan biaya yang Anda keluarkan.


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=Zupk4CX0IOU&t=181s (published by The Laladog) 

Kalau saya ingin cara yang simple dan harganya murah bagaimana ya ?

Okay kawan, kalau Anda memang ingin yang simple dan tidak ribet, apalagi khawatir soal budget yang membengkak, saya ada solusi tersendiri.

Pakai saja jasa Travel Agent Lombok seperti TRAVELER CANTIK ini. Anda sudah bisa tahu berapa budget yang akan Anda keluarkan dan fasilitasnya pun sudah terjamin. Jadinya Anda tidak perlu khawatir lagi harus tawar menawar di Trawangan, apalagi khawatir “dipatok” harga yang di luar batas kewajaran. Benar kan ?

Nah, untuk konsultasi ataupun pertanyaan lain lagi tentang Gili Trawangan Lombok Utara Snorkeling Diving ini, Anda bisa chat langsung ke CS Traveler Cantik. Anda klik dan bisa tanpa harus simpan nomor hp terlebih dahulu, Anda akan langsung terhubung dengan CS kami :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *