Home > Destinasi > PANTAI NIPAH LOMBOK UTARA WISATA KULINER

PANTAI NIPAH LOMBOK UTARA WISATA KULINER

Pantai Nipah Lombok Utara Wisata Kuliner

Pantai Nipah Lombok Utara wisata kuliner ini akan membahas spot pantai pasir putih di Lombok dan juga salah satu pilihan “surga ikan bakar” di Lombok.

Banyak orang yang sekedar melewatkan spot menarik ini. Padahal kalau kita lihat viewnya dari ketinggian, luar biasa loh. Ini juga yang kami rasakan sebelum – sebelumnya. Hingga akhirnya kami sadar akan keindahan alam ciptaan Tuhan ini.

Awalnya Pantai Nipah ini memang hanya sekedar pantai pasir putih biasa. Namun pada tahun sekitar 2011 – 2012 pantai ini sudah semakin dilirik banyak orang.

Seperti pepatah “ada gula ada semut”, begitu pula dengan pantai yang ada di jalur menuju Gili Trawangan ini.

Nah, biar lebih pas dan paham tentang keindahan dari Nipah ini, TRAVELER CANTIK akan ulas sampai akhir. Jangan terlewat untuk baca sampai detail ya kawan.

PANTAI NIPAH LOMBOK UTARA WISATA KULINER

Pantai Nipah berlokasi di pinggir jalan raya Senggigi yang searah dengan jurusan menuju penyeberangan Gili Trawangan. Tepatnya berada di antara spot Malimbu 1 dan Malimbu 2 Lombok Utara.

Pantai Nipah Lombok Utara Wisata Kuliner ikan

Jika kita berangkat dari Kota Mataram ataupun Senggigi, maka kita akan melewati Bukit Malimbu 1 terlebih dahulu. Selanjutnya kita akan turun naik jalanan hingga akhirnya dari tanjakan terakhir akan terlihat pantai pasir putih dengan air laut yang berwarna hijau tosca.

Kemudian begitu kita menuruni jalanan tersebut, di sebelah kiri jalan akan terlihat deretan warung – warung makan yang menyajikan ikan bakar. Nah di situlah lokasi dari Pantai Nipah Lombok.

Dan perlu Anda ketahui juga bahwa untuk menuju pinggir pantai Nipah Lombok ini, kita bisa melalui 2 (dua) pintu masuk. Yaitu pintu masuk yang sesaat setelah Anda menuruni jalanan tadi dan yang kedua ada di sebelah yang lebih jauh lagi.

Emang apa beda kedua pintu masuk itu ?

Nah, jika kita ingin suasana yang lebih sepi atau tidak terlalu ramai, maka Anda bisa pilih pintu masuk yang pertama. Di spot ini Anda bisa menikmati hidangan wisata kuliner ikan bakar persis di pinggir pantai Nipah.

Sedangkan jika Anda ingin yang lebih ramai dan ingin lebih dekat dengan tempat penyewaan watersport, maka Anda bisa pilih masuk dari pintu yang kedua, memang lokasi yang kedua ini ada di pinggir jalan raya juga. Namun selanjutnya kendaraan kita perlu sedikit masuk arah pantai.

EXPLORE PANTAI NIPAH LOMBOK UTARA WISATA KULINER

Okay kawan, jika kita explore lebih dalam tentang Pantai Nipah Lombok Utara ini, sebenarnya ada beberapa keunggulan lainnya selain sebagai spot wisata kuliner.

Kondisi ombak yang relatif stabil, landscape pantai yang datar, pasir putih yang memanjang, membuatnya cocok untuk tempat bermain anak – anak.

Bahkan, kondisi ini pula yang sering membuat “orang kaya” di Lombok menjadikannya sebagai tempat start meluncur jet ski mereka. Mereka bisa dengan enak menurunkan jet ski dari kendaraan maupun menaikkannya kembali.

Selain itu, pepohonan yang ada di pinggir pantainya juga membuat kita bisa berteduh di saat matahari terik. Inilah salah satu hal yang membedakan spot pantai Nipah dengan pantai lainnya.

Kalau bicara soal pemandangan, tentunya tidak kalah loh. Pemandangan berupa perbukitan hijau di sekelilingnya juga membuat pantai di Lombok Utara ini tidak terlalu terik. Apalagi saat musim penghujan yang membuat bukitnya berwarna hijau karena pepohonan yang hijau 😀

pantai nipah lombok utara

Lha terus kalau pemandangan bawah lautnya bagaimana ?

Untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut dari Nipah Lombok Utara ini, kita bisa melakukan snorkeling.

Saya pribadi bersama teman – teman sering snorkeling di Pantai Nipah ini. Selain karena keindahan alam bawah lautnya, faktor wisata kuliner juga jadi pendukung kami pilih destinasi ini 😀

Nah, kita bisa menikmati terumbu karang yang relatif masih terjaga di sekitar pinggir pantainya saja kok.

Oleh karena masih di kisaran pinggir pantai yang dangkal, maka kita juga perlu berhati – hati snorkeling di sini. Agar tidak tersandung bebatuan karang.

Karakter terumbu karang di Nipah Lombok Utara ini, terumbu yang dekat pantai, relatif sedikit meruncing dan vertikal. Kemudian jika kita berenang atau snorkeling lebih ke arah tengah, maka kita bisa menikmati keindahan yang berbeda lagi.

Apalagi biota laut berupa ikannya juga jadi makin beragam. Hal ini terbukti juga dengan adanya beberapa jala keramba ikan yang dipasang oleh nelayan setempat di bagian yang agak ke tengah.

Namun tentunya juga Anda patut berhati – hati saat snorkeling atau berenang semakin ke tengah. Karena kedalam lautnya semakin dalam dan bebatuan terumbu karang mulai berkurang.

WOW KEREN JUGA TERNYATA PANTAI NIPAH YA 😀

Kegiatan snorkeling dan berenang – renang sampai ke tengah mungkin cocok bagi Anda yang sudah dewasa dan bisa berenang.

Terus kalau untuk anak – anak dan orang yang tidak bisa berenang bagaimana ?

Hal ini ternyata sudah disolusikan oleh warga setempat yang menjajakan lapak penyewaan peralatan watersport.

Anda dan keluarga bisa main kano, peralatan snorkeling lengkap dengan pelampungnya hingga tempat bilas dan kamar mandi pun juga tersedia.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=oy34AtadF0c (published by Warsyi Nahwanda) 

Okay, saya mulai ada gambaran, terus kalau bicara fasilitas, ada apa saja ya di Pantai Nipah Lombok Utara ini ?

Sebagai penunjang tempat wisata pantai dan juga wisata kuliner, Pantai Nipah ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas umum. Meskipun bisa dibilang masih sederhana. Namun tentunya masih bisa kita gunakan.

Tentunya selain warung makan ikan bakar sebagai penunjang utama wisata kuliner, keberadaan mushola sebagai tempat ibadah juga tersedia di sini.

Untuk yang di dekat pintu masuk pertama, bisa Anda temukan sebuah berugak atau gazebo wisata kuliner yang berada di pinggir jalan raya. Itulah lokasi kita bisa menunaikan ibadah sholat.

Di sebelah berugak tersebut ada kamar mandi yang bisa kita gunakan untuk mandi, ganti baju ataupun berwudlu. Syukurnya untuk kamar mandi yang ada di sini sudah tertutup bagian atapnya.

Beda lagi dengan kondisi kamar mandi dan sekaligus jadi toilet yang di pinggir pantai. Kondisinya benar – benar dibuat alami dan sederhana. Atap atasnya masih terbuka, sumber airnya dari gentong yang diisi dari sumur yang berada di bagian luarnya.

Jadi, jika Anda merasa kurang yakin mempergunakan fasilitas yang lebih alami ini, saya kami Anda pakai kamar mandi yang sudah tertutup ataupun persiapan bawa air mineral dalam botol sebagai tambahan air untuk bersuci atau berbilas.

Lumayan menarik jadinya ya, kalau kita ingin liburan ke Pantai Nipah Lombok Utara Wisata Kuliner, berapa kira – kira biayanya ya ?

Soal budget atau anggaran untuk berwisata pantai dan wisata kuliner di destinasi ini bisa dibilang relatif cukup murah. Untuk penyewaan watersport, setidaknya Anda perlu siapkan Rp.50.000,- per orang.

Sedangkan untuk menu makan wisata kuliner, Anda bisa alokasikan Rp.120.000 – Rp.200.000 untuk 2 orang. Dengan budget makan seperti itu, setidaknya kita sudah mendapatkan menu berupa nasi putih, plecing kangkung, ikan bakar (jenis ikan Baronang ukuran sedang), kelapa muda, kerupuk.

Dengan menu ikan bakar segar dan sederhana itu saja, rasanya sudah mantab loh. Ini yang membedakan kalau kita wisata kuliner dan makan di Nipah Lombok dibanding tempat lainnya.

Bahkan, untuk liburan keluarga dari pagi hingga siang hari atau sampai lepas wisata kuliner makan siang, sudah dirasa cukup.

Anda bisa awasi anak – anak bermain, Anda bisa berenang – renang, dan saat santap siang datang bisa langsung Anda nikmati dengan semilirnya angin pinggir pantai.

NIKKKMMAATTTTT………………… 😀

Okay kawan, itu saja ulasan dari Traveler Cantik untuk Pantai Nipah Lombok Utara Wisata Kuliner. Jika Ada hal lain yang ingin ditanyakan ataupun ingin wisata ke sana, jangan sungkan untuk hubungi CS kami yang ramah. Anda tinggal klik saja link di bawah ini dan Anda akan langsung terhubung dengan WA CS kami :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *