Home > Destinasi > PANTAI PINK TANGSI LOMBOK TIMUR NTB

PANTAI PINK TANGSI LOMBOK TIMUR NTB

pantai pink tangsi lombok timur ntb

Pantai Pink Tangsi Lombok Timur NTB ini memang punya banyak keindahan dan keunikan. Tentunya hal ini bikin penasaran banyak wisatawan.

Apalagi dari segi namanya kan ?

Apa iya warna pasir pantainya berwarna pink ?

Nah, Anda perlu simak baik – baik dan sampai tuntas ulasan dari TRAVELER CANTIK ini. Kami akan bahas lebih mendalam tentang pantai yang ada di ujung timur pulau Lombok ini.

PANTAI PINK TANGSI LOMBOK TIMUR NTB

Pantai yang dikenal dalam dunia pariwisata Lombok sebagai Pantai Pink ini bernama asli Pantai Tangsi.

Kemudian sekitar tahun 2011 Pantai Tangs ini mulai banyak dikenal masyarakat karena keunikan pasirnya yang saat difoto bisa seperti berwarna pink. Akhirnya Pantai Tangsi Lombok Timur ini lebih dikenal sebagai Pantai Pink hingga saat ini.

pantai pink tangsi lombok timur ntb

Asal muasal pasir yang bisa nampak seperti berwarna pink ini merupakan efek dari cahaya matahari dan juga komponen pasir yang ada di pantai Tangsi ini.

Sebab jika kita telusuri lebih lanjut, pasir pantai ini tercampur oleh pecahan terumbu karang yang ada di sekitar pantai. Hal ini saya lihat langsung terakhir di tahun 2011 kondisi terumbu karang di sekitar bibir pantainya masih sangat terjaga.

Bahkan, dari atas kapal yang kita gunakan pun kita bisa menyaksikan keindahan terumbu karang saat itu. Dan kondisinya relatif dangkal. Akibatnya, waktu sore hari saat kita hendak balik dari Pantai Tangsi ini air laut sudah surut cukup jauh. Sehingga kita perlu berjalan menyusuri tajamnya terumbu karang hingga sedikit ke tengah pantai.

Itu adalah cerita di saat kondisinya masih lebih alami.

Nah, pecahan – pecahan dari terumbu karang ini terbawa ombak hingga bibir pantai. Sehingga pasir yang ada di sana pun bercampur dengan pecahan terumbu karang ini.

Hasilnya, saat sinar matahari menyinari pasir pantai, nampak ada perubahan warna di pasir tersebut. Pasirnya pada saat tertentu bisa seperti berwarna merah muda atau pink.

Namun ada disclaimer di sini. Jangan Anda bayangkan pink yang ada di sana seperti pink yang kita kenal ya.

EXPLORE PANTAI PINK TANGSI LOMBOK TIMUR NTB

Okay kawan, sampai di sini Anda sudah mulai jelas kan tentang Pantai Pink Tangsi di Lombok Timur NTB ini ?

Biar lebih paham dan tergambarkan lagi trip ke pantai ini, kita akan bahas dahulu tentang lokasi persisnya dan cara mencapai ke sana.

Kalau kita di peta, maka kita akan tujukan pandangan mata kita di bagian selatan Pulau Lombok. Lebih tepatnya di ujung timur yang berbatasan dengan selat Alas untuk menyeberang ke Pulau Sumbawa.

Di sekitar ujung pulau yang berbentuk tanjung inilah lokasi Pantai Pink Tangsi. Oh iya, nama tanjung tersebut adalah Tanjung Ringgit. Sedangkan Pantai Tangsi ini berada di sebelah kiri sebelum mencapai Tanjung Ringgit.

Terus bagaimana cara mencapai Pantai Tangsi ini ?

Dengan kondisi geografis yang ada, sebenarnya kita bisa menjangkaunya melalui dua jalur. Yaitu melalui jalur darat dan juga jalur laut.

Tentunya masing – masing jalur ini punya konsekuensi dan juga pemandangan yang berbeda sepanjang perjalanannya.

Jika kita melalui jalur darat, Anda bisa menyusuri Pantai Tangsi / Pink ini dengan masuk ke kawasan Jerowaru Lombok Timur. Nantinya dari Jerowaru ini akan ada penanda jalan menuju Pantia Pink.

Ada beberapa tikungan dan persimpangan di kawasan ini. Jadinya Anda perlu berhati – hati dan jeli memilih jalannya ya. Kalau masih bingung, jangan sungkan untuk tanya ke warga sekitar.

Dari jalan raya utama, kita akan belok kiri menyusuri lahan kosong, masuk ke kawasan perkampungan hingga akhirnya masuk di kawasan hutan milik Perhutani. Memang sampai saat ini kondisi jalannya masih belum bagus 100%, ada yang kondisinya sudah beraspal halus dan ada juga yang masih berupa jalanan tanah.

Kondisi jalanan yang seperti ini yang membuat Anda perlu waspada. Mobil – mobil yang berkaki tinggi akan lebih aman menyusuri jalur darat ini. Sedangkan untuk mobil sedan, saya sarankan perlu Anda pikirkan masak – masak untuk melawati jalur darat ini. Ya, setidaknya hingga tulisan ini saya tulis 😀

Apalagi jika saat musim penghujan, kondisi jalanan yang ada saat ini masih sering berlumpur tebal dan membuat mobil terjebak di lumpur tersebut.

Namun Anda juga jangan salah, dengan kondisi yang relatif cocok untuk mobil off road ini ternyata ada juga resort dengan standard layanan bintang 4 loh. Namanya adalah JEEVA BLOAM. Resort ini berada di jalur darat menuju Pantai Pink Lombok ini. Bahkan, untuk sampai lokasinya kita perlu sedikit menyusuri kawasan hutan.

Perjalanan darat ini bisa kita jangkau sekitar 45 sampai 60 menit perjalanan. Dan jika sudah masuk kawasan perhutani, Anda juga perlu jeli melihat tanda papan nama petunjuk arah ya. Sebab ada beberapa persimpangan yang akan mengarahkan Anda ke tempat yang berbeda – beda juga. Jangan sampai nyasar di tengah hutan 😀

Lokasi dari Pantai Tangsi / Pink ini ada di sebelah kiri. Memang tidak langsung di pinggir jalan umum kendaraan tersebut. Kita perlu menurunkan kendaraan kita ke bawah lagi di lereng yang relatif curam.

Saat ini ada warga lokal yang menyediakan jasa parkir dan bantuan koordinasi saat menuruni lereng tersebut. Maklum saja, jalanan lereng bukit tersebut relatif sempit dan curam, meskipun mobil masih bisa melewati jalanan ini.

Setelah menuruni lereng itulah lokasi dari Pantai Pink Tangsi Lombok Timur NTB.

Bagaimana dengan kondisi jalur laut menuju Pantai Pink Tangsi ini ?

Jalur inilah yang justru lebih kami sarankan. Meskipun perlu biaya yang lebih banyak, namun Anda akan mendapatkan pemandangan serta pengalaman yang lebih menyenangkan.

Konsekuensinya ya itu, Anda perlu siapkan budget lebih untuk sewa kapal ke sana. Kapal ini berkapasitas hingga 10 orang. Jadinya jika semakin banyak orang yang ikut dan patungan biaya, tentu biaya sewa kapal ini jadi lebih ringan.

Kita perlu sewa kapal karena memang tidak ada Public Boat atau penyeberangan umum seperti halnya penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan.

Dengan cara menaiki kapal sewaan ini, maka sebenarnya kita bisa menjelajah spot – spot keren yang ada di kawasan Lombok Timur NTB ini. Sebut saja seperti Pulau Kambing, Pulau Maringkik, Pantai Segui, Gili Petelu atau Pulau Tiga. Tempat – tempat tersebut menawarkan keindahan yang masih alami dan juga kearifan lokal.

Oh iya, sampai kelupaan. Untuk naik kapal ini, sebenarnya ada 2 dermaga saat ini. Yang jelas, keduanya ada di daerah Tanjung Luar. Lebih tepatnya ada di area Pelabuhan Tanjung Luar (pasar ikan) dan juga di pesisir Tanjung Luar yang dekat dengan Resto Tanjoh.

177_tour traveling lombok_pelabuhan tanjung luar
dermaga di pelabuhan Tanjung Luar dan kapal trip ke Pantai Pink

Saran saya, biar lebih nyaman Anda naik dari yang dekat Resto Tanjoh itu. Sebab akan nampak dan terasa lebih bersih. Sedangkan jika dari Pelabuhan Tanjung Luar, tentunya akan lebih cocok jika Anda juga sengaja berburu belanjaan ikan laut segar 😀

Dari Tanjung Luar menuju Pantai Pink Tangsi Lombok Timur ini kita perlu waktu sektiar 30 menit penyeberangan. Tentunya jika ini kita menyeberang langsung dan tanpa singgah – singgah ya.

Tentunya, saat perjalanan ini kita bisa fleksibel saja. Jika para penumpang ingin lebih bersantai, bisa singgah terlebih dahulu di Pulau Kambing.

Emang apa bagusnya Pulau Kambing itu ?

Nah, di pulau yang tidak berpenghuni ini, kita bisa sejenak merasakan kebesaran Tuhan dengan menginjakkan kaki dan berfoto di jalur pasir yang “membelah lautan”. Jalanan pasir ini menghubungkan Pulau Kambing dengan Pulau Maringkik yang ada di seberangnya.

Uniknya, di tengah jalanan ini juga berdiri tegak tiang listrik PLN yang berfungsi mengaliri listrik ke Pulau Maringkik.

Jalanan pasir ini akan nampak jelas terutama saat air laut surut. Dan dahulu banyak warga Pulau Maringkik yang menggembalakan kambingnya di pulau seberangnya tersebut melalui jalur pasir ini. Hingga akhirnya pulau yang dipakai untuk menggembalakan hewan ternak tersebut disebut sebagai Pulau Kambing.

182_tour traveling lombok_pulau maringkik kambing
jalanan pasir yang membelah lautan dan menghubungkan 2 pulau

Terus Kalau Pulau Maringkik itu apa ?

Okay, dalam perjalanan ke Pantai Pink Tangsi Lombok Timur NTB ini memang sebenarnya sayang jika tidak menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Pulau Maringkik sendiri merupakan pulau batu karang yang dihuni oleh banyak warga suku Bajo dan Sasak. Ciri khas masyarakat Bajo yang kental dengan dunia kelautan, terasa sekali di sini. Mulai dari bentuk bangunan rumah, makanan dan juga hasil kerajinan tangannya.

Oleh karena itu, jika dalam perjalanan via jalur laut ke Pantai Pink tidak mampir ke Pulau Maringkik, maka cukup disayangkan ^_^

TERNYATA LOMBOK TIMUR NTB PUNYA KEKAYAAN ALAM DAN KEBUDAYAAN 😀

Baiklah, kita lanjut lagi bahas tentang Pantai Pink Tangsi Lombok Timur NTB ini ya.

Sesampainya di Pantai Pink Lombok Timur ini, kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Diantaranya bisa main pasir, berenang – renang, naik ke bukit dan selfie serta berbagai macam kegiatan lainnya.


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=ExHuSiFmwyo (Published by Robby & Sofia) 

Di bagian pojok pantai ini terdapat bukit karang kecil yang bisa kita daki. Namanya Bukit Tangsi.

Dari atas bukit ini kita bisa menikmati keindahan laut lepas dan juga Pantai Segui yang ada di sebelah Pantai Pink Tangsi dan terpisah bukit ini.

Nah, saat balik dari Pantai Pink ini, kita juga wajib singgah di Pantai Segui ini. Sebab pantainya lebih bersih dan airnya juga lebih jernih. Sudah begitu, sepi lagi. Jadinya sangat cocok bagi para honeymooners.

Dan semua trip ini bisa Anda lakukan dengan cara naik kapal via jalur laut. Tidak bisa jika dilakukan melalui jalur darat yang aksesnya hanya ke Pantai Pink.

Okay kawan, jika masih ada pertanyaan tentang Pantai Pink Tangsi Lombok Timur NTB ini, jangan sungkan untuk hubungi kami. Anda tinggal klik link di bawah ini dan Anda akan langsung terhubung dengan CS kami :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *