Home > Destinasi > PULAU MARINGKIK KAMBING LOMBOK TIMUR

PULAU MARINGKIK KAMBING LOMBOK TIMUR

pulau maringkik kambing lombok timur ntb

Pulau Maringkik Kambing Lombok Timur ini kami angkat sebagai potensi wisata yang kaya akan keindahan dan keunikan.

Sebenarnya Maringkik Kambing ini adalah dua pulau yang berbeda. Yaitu Pulau Maringkik dan Pulau Kambing Lombok.

Kedua pulau ini berdekatan dan terhubung oleh jalanan pasir yang membelah lautan. Meskipun karakter pulaunya berbeda, namun kedua pulau atau gili ini tetap saling mendukung keberadaan masing – masing.

Dengan kondisi yang masih misteri namun penuh potensi ini, TRAVELER CANTIK pun jadi makin penasaran dan coba telusuri serta explore tentang Pulau Maringkik Kambing ini.

Hasilnya, bisa Anda baca sampai habis di tulisan kali ini.

PULAU MARINGKIK KAMBING LOMBOK TIMUR

 Okay kawan, kita mulai dulu dari Pulau Maringkik dulu ya.

pulau maringkik kambing lombok timur indah

Sejarah Pulau Maringkik ini (kalau tidak salah ingat) berasal dari suku bugis yang memang gemar berpetualang menjelajah lautan. Hingga akhirnya mereka menduduki pulau karang yang ada di dekat pulau Lombok ini.

Turun temurun mereka mengembangkan budaya hingga akhirnya terjadi pencampuran budaya dengan Suku Sasak melalui jalur pernikahan. Maklum saja, jarak menyeberang dari Pulau atau Gili Maringkik ke Pulau Lombok hanya sekiar 15 – 20 menit saja.

Meskipun terbilang dekat, namun nyatanya kondisi penduduk Maringkik memang masih berbeda dengan kondisi penduduk yang ada di Lombok.

Hal ini bisa kita lihat dari bentuk rumahnya, hasil kerajinan tangannya hingga cara mereka hidup sehari – hari.

Sebenarnya pulau Maringkik ini punya kekayaan alam laut yang mumpuni. Berada di perairan Selat Alas yang berbatasan dengan Sumbawa, banyak ikan – ikan besar yang berlalu lalang di lautan sekitarnya.

Tak mengherankan kita bisa menemui ikan hiu dan ikan besar lainnya di sekitar perairan ini.

Soal terumbu karang, juga masih banyak yang kondisinya bagus kok. Dan tentunya kekayaan budaya manusia adalah ciptaan Tuhan yang tidak boleh kita lupakan juga.

Masyarakat di Maringkik ini ramah – ramah. Hal ini terbukti waktu saya bersama tim explore ke pulau ini, warga lokal di sana dengan tangan terbuka menerima kami dan menjamu makan siang di rumah mereka.

Nah, di sinilah kami jumpai keunikan yang ada di Maringkik ini. Kondisi pulau yang berasal dari batu karang, membuat kambing ternak mereka bertahan hidup dengan yang ada di sekitar mereka saja.

Kadang kambing – kambing ini masuk ke dapur warga dan makan nasi di dandang yang ada di dapur 😀

Terpaksanya mereka ga menemukan nasi, kardus pun di jalanan pun juga mereka makan.

kambing di Maringkik makan kardus
kambing di Maringkik yang sedang makan kardus

Ya, itulah kondisinya.

EXPLORE PULAU MARINGKIK KAMBING LOMBOK TIMUR

Bicara soal kambing, hal ini ada kaitannya juga dengan pulau atau gili yang ada di seberang Maringkik, yaitu Gili Bembek atau Pulau Kambing Lombok.

Pulau di seberangnya, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Pulau Kambing Lombok ini memiliki kondisi alam yang berbeda. Meskipun ukurannya jauh lebih kecil, namun ternyata sebagian besar justru ditumbuhi oleh pepohonan dan juga semak belukar.

Banyaknya tanaman itu, dulunya membuat warga Maringkik menggembala kambing di sana.

Mungkin sekarang Anda bertanya, bagaimana caranya menggembala kambing di pulau Kambing Lombok ?

Nah, inilah yang saya bilang kedua pulau ini punya kekayaan alam yang banyak sebenarnya.

Kedua pulau ini tersambung oleh jalanan pasir yang menghubungkan Pulau Mringkik dengan Pulau Kambing Lombok. Ini akan terlihat sangat jelas terutama saat air laut surut.

Jalanan ini pula yang akhirnya digunakan sebagai pijakan atau pondasi tiang listrik PLN. Maka tak usah heran ya 😀 ada tiang listrik berdiri kokoh di tengah lautan.

tiang listrik berdiri di tengah lautan
tiang listrik berdiri di tengah lautan di atas jalanan pasir belah lautan dan menghubungkan Maringkik dengan Pulau Kambing Lombok

Selain sangat fungsional, jalanan pasir ini juga sebenarnya instagramable. Baik kondisi saat air laut masih normal ataupun sudah surut.

Tentunya ini juga yang menjadikan Pulau Kambing Lombok Timur jadi daya tarik wisata Lombok. Ini pula yang membuat TRAVELER CANTIK selalu menyertakan spot ini sebagai tujuan destinasi saat ada trip ke Pantai Pink Lombok.

Kalau travel agent lainnya, saya kurang tahu ya,,, 😀

INI TAMPAK MENARIK UNTUK WISATA KE PULAU MARINGKIK KAMBING LOMBOK TIMUR

Tentunya, Anda sekarang akan bertanya – tanya. Bagaimana caranya menuju ke Pulau Maringkik Kambing ini.

Nah, untuk mencapai ke Pulau Maringkik Kambing Lombok ini memang harus menyeberang menggunakan kapal. Dan tidak bisa diakses darat langsung dari pulau Lombok.

Kita bisa naik perahu dari daerah Tanjung Luar Lombok Timur. Yang perlu diingat adalah di sana sampai saat ini belum ada penyeberangan kapal secara umum.

Sehingga kita perlu sewa kapal di sana. Banyak kok kapal sewaan atau charteran yang memang sengaja digunakan untuk kapal wisata kawasan Pantai Pink.

Kalau soal harga, tentunya Anda bisa negosiasi langsung di sana ya. Namun kalau untuk sekedar sampai Pulau Maringkik Kambing setidaknya kisaran harga Rp.350.000,- sampai Rp.550.000,- masih bisa Anda dapatkan.

Untuk lokasi sandar dari kapal ini, nantinya akan dilihat dari kondisi ombak saat itu. Tentunya boatman di sana sudah paham dimana lokasi yang paling aman.

Untuk waktu penyeberangannya juga sudah saya sampaikan tadi, yaitu di kisaran 15 – 20 menit saja.

Kalau Pulau Maringkik Kambing Lombok Timur ini sebagai destinasi wisata, sudah ada fasilitas apa saja ?

Kalau bicara masalah fasilitas, sebenarnya sampai saat ini masih belum ada fasilitas layaknya destinasi wisata yang benar – benar digaarap. Oleh karena memang di sini masih dikonsepkan sebagai wisata alam lautan.

Jadinya, untuk fasilitas rumah makan pun juga belum ada. Di pulau Maringkik saja kami kesulitan mencari warung makan yang dikomersialkan, notabene Pulau Maringkik ini adalah pulau yang padat penduduk. Apalagi di Pulau Kambing Lombok yang tidak berpenghuni 😀

Meskipun demikian kondisinya, tentu kita sebagai traveler juga harus bijak menyikapinya. Kita bisa membawa bekal sendiri dengan nasi bungkus ataupun nasi kotak yang kita bawa dari Pulau Lombok.

Syukur – syukur jika Anda sudah pesan kapal di sehari sebelumnya, Anda bisa juga pesan paket makan siang berupa menu seafood.

paket menu seafood trip ke pantai pink
paket menu seafood yang biasa dibawakan oleh boatman

Rata – rata masakan dari keluarga boatman di sini memang enak dan bahannya pun juga segar. Salah satunya adalah menu seafood seperti di atas. Namun foto di atas adalah dengan background saat boatman trip ke Pantai Pink.

Tapi apa semua boatman di sana bisa dipercaya dan beri pelayanan yang memuaskan ?

Hmmm,, kalau bicara soal pelayanan dan kepercayaan, memang bisa dibilang susah – susah gampang.

Kalau kita pas dapat orang yang memang terbiasa dengan pelayanan, maka pelayanan mereka juga bagus.

Sayangnya, tidak semua boatman dan pelaku wisata lokal di sana tidak demikian. Bahkan, salah – salah pilih Anda bisa kena harga sewa yang melebihi dari acuan harga normalnya.

Solusi utama adalah Anda bisa pesan paket tour, baik itu untuk sewa kapal dengan segala peralatan wisata bahari dan juga paket makan siangnya.

Emangnya ada apa yang bisa menyediakan fasilitas paket seperti itu ?

TRAVELER CANTIK adalah salah satu agent wisata Lombok yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Anda tinggal request ke kami seperti apa dan kami bisa sediakan dengan jaminan pelayanan puas.

Hal ini terbukti dari review para tamu kami.


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=F5tzMpLQMwY (Published by Petir 86) 

Jadinya Anda tidak perlu repot – repot mikir pesan kemana kapalnya, bagaimana dengan guide yang akan memandu kita wisata di pulau – pulau dan lain sebagainya.

Anda tinggal bersantai dan menikmati saja 😀

Okay kawan, jika masih ada pertanyaan tentang Pulau Maringkik Kambing Lombok Timur, jangan sungkan untuk hubungi kami. Anda tinggal klik link di bawah ini dan akan langsung terhubung dengan CS kami yang ramah :

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *