Home > Wisata Budaya > WISATA BUDAYA 1 HARI DESA ADAT LOMBOK

WISATA BUDAYA 1 HARI DESA ADAT LOMBOK

wisata budaya 1 hari desa adat lombok

Wisata Budaya 1 Hari Desa Adat Lombok merupakan paket wisata yang jadi favorit traveler dari mancanega.

Namun kini Anda juga bisa menikmati sensasinya bersama TRAVELER CANTIK. Kita akan menjelajah ke beragai destinasi yang masih kental dengan warisan budaya suku Sasak yang ada di Lombok.

Sedari pagi hingga sore kita bisa menikmati keunikan budaya Sasa, belajar tentang kerajinan mereka dan tentunya bisa mengetahui sejarah suku Sasak di Lombok ini.

Dan dengan waktu hanya 1 hari, tentunya ini akan relatif fleksibel bagi Anda yang hanya ingin singgah sejenak di Lombok ataupun menghabiskan sisa waktu dinas pekerjaan di Lombok.

Soal harga jadinya juga relatif lebih murah, benar kan ?

WISATA BUDAYA 1 HARI DESA ADAT LOMBOK

Okay kawan, kita akan langsung saja bahas tentang itinerary, fasilitas dan juga biaya yang kita perlukan untuk wisata budaya ke berbagai desa adat di Lombok ini.

wisata budaya 1 hari desa adat lombok ende

Secara umum, kita akan mengunjungi destinasi ; Desa Ende – Desa Sukarara – Desa Banyumulek – Taman Narmada.

Meski ada yang bukan desa adat ataupun sentra kerajinan khas Lombok, namun destinasi Taman Narmada juga menyimpan sejarah suku Sasak dan warga Lombok pada zaman dahulu.

Nah, biar ga penasaran, berikut adalah penjelasan lebih detailnya.

ITINERARY WISATA BUDAYA 1 HARI DESA ADAT LOMBOK :

  • Meeting Point ; untuk lokasi pertemuan kita idealnya di Bandara Internasional Lombok, namun jika Anda sudah ada di Lombok sebelumnya maka di hotel tempat Anda menginap pun juga tidak masalah.
  • Desa Ende ; salah satu desa adat ini terletak di daerah Lombok Tengah. Lokasinya berdekatan juga dengan Desa Sade yang terlebih dahulu terkenal. Yang membedakannya, Desa Ende lebih berkarakteristik authenticย dan bisa dibilang terlihat masih lebih alami. Kita akan berkeliling desa ini ditemani guide lokal yang merupakan warga Ende. Jika momennya pas, ita bisa melihat pertunjukan kesenian Presean di sini.
  • Desa Sukarara ; tidak jauh dari area bandara, kita akan singgah di desa sentra kerajinan tenun Lombok ini. Desa yang menjaga kebudayaan adat Lombok ini lebih terkenal dibanding desa pengrajin lainnya. Sebab sebagian besar warga Desa Sukarara ini bergerak di bidang yang sama, yaitu sebagai penghasil kerajinan tenun Lombok. Kita bisa belajar secara langsung cara membuat kain tenun ataupun juga sekedar berfoto – foto. Uniknya, kita bisa berfoto dengan mengenakan baju adat khas suku Sasak.
  • Lesehan atau resto lokal ; selanjutnya kita akan istirahat terlebih dahulu dan makan siang. Tentunya menu makan siang kita juga pun yang khas Lombok, yaitu Ayam Taliwang. Ayam muda yang dihidangkan dengan bumbu khas, membuatnya terasa nikmat.
  • Desa Banyumulek ; desa ini merupakan sentra kerajinan gerabah. Yang mana dari gerabah ini banyak dihasilkan peralatan keseharian seperti kendi, guci, pot bunga dan lain sebagainya. Tentunya kita juga bisa belajar membuat kerajinan gerabah ini secara langsung. Bagi Anda yang membawa anak kecil, pembelajaran kerajinan gerabah ini tentunya akan jadi kesenangan tersendiri.
  • Taman Narmada ; sebuah taman peninggalan kerajaan Karang Asem yang masih menyimpan keunikan dan keraifan lokal. Bagaimana tidak, lokasi taman ini dulunya digunakan sebagai lokasi tempat pemandian putri raja. Selain itu, ada juga miniatur Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani, namun di taman ini Raja dulunya bisa melakukan sembahyang. Pada bagian tengah Taman Narmada ini juga terdapat sumber mata air yang dianggap suci oleh kalangan tertentu.
  • Finish Point ; selanjutnya kami akan antar Anda ke lokasi pengantaran, bisa di Bandara Lombok ataupun lainnya.

WAH, INI BENAR – BENAR WISATA BUDAYA YANG MENARIK !!!

Dengan berbagai destinasi wisata budaya di atas, kita perlu beberapa kebutuhan dan fasilitas. Tentunya jika Anda ikut program dari TRAVELER CANTIK ini, maka Anda tidak perlu khawatir mempersiapkan segalanya.

Sebab kami sudah siapkan dengan baik agar Anda bisa wisata kebudayaan atau adat Lombok dengan nyaman dan senang

FASILITAS TOUR BUDAYA 1 HARI KE DESA ADAT LOMBOK :

  1. Kendaraan standard wisata sesuai jumlah peserta
  2. Bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan
  3. Driver sekaligus Guide atau Tour Leader
  4. Ongkos parkir di tiap pemberhentian
  5. Tiket masuk dan retribusi destinasi wisata
  6. Guide lokal saat wisata ke Desa Adat Ende dan Taman Narmada
  7. Paket makan dan minum ; 1 X Lunch (makan siang)
  8. Welcome drink berupa air mineral

PENGECUALIAN TOUR BUDAYA 1 HARI KE DESA ADAT LOMBOK :

  • Tiket pesawat dari daerah asal ke Lombok PP
  • Tambahan makan dan minum di luar paket yang disediakan
  • Hotel
  • Oleh – oleh
  • Keperluan pribadi lainnya seperti ke toilet

RUTE WISATA MENARIK DAN FASILITASNYA KOMPLIT ๐Ÿ˜€

Dengan segala kebutuhan dasar yang Anda dapatkan di atas, maka itu sudah cukup untuk kita berwisata sesuai itinerary di atas.

Soal biaya, Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab TRAVELER CANTIK juga bisa bantu settingkan akan biaya yang kita keluarkan juga hemat.

BIAYA TOUR BUDAYA 1 HARI KE DESA ADAT LOMBOK :

Untuk biaya ini tergantung dari jumlah peserta yang berwisata dan juga jenis kendaraan yang digunakan. Berikut adalah gambaran harga dengan kendaraan yang standard, baik itu sepeda motor ataupun mobil Avanza atau Livina :

JUMLAH PESERTA

(Orang / Pax)

HARGA PER ORANG /

PER PAX

(Rp.)

1

525.000

2

500.000

3

365.000

4

295.000

5

270.000

Harga yang tercantum di atas sudah termasuk semua fasilitas yang tercantum di atas loh. Murah dan hemat kan ?

Jika Anda masih penasaran dengan destinasi wisata adat Lombok yang akan kita tuju, berikut TRAVELER CANTIK akan berikan foto – foto dari destinasi tersebut.

GALERY DESTINASI TOUR BUDAYA 1 HARI DESA ADAT LOMBOK :

wisata budaya 1 hari desa adat Lombok authentic
kondisi jalanan dan bangunan rumah di Desa Ende
kesenian Peresean di Desa Ende Lombok
kesenian Peresean di Desa Ende Lombok
desa sukarara menenun
belajar menenun secara langsung di Desa Sukarara
foto baju adat Sasak di Desa Sukarara
foto mengenakan baju adat Sasak di Desa Sukarara
desa banyumulek sentra gerabah lombok barat
Desa Banyumulek sentra kerajinan gerabah
Taman Narmada Lombok
kolam di Taman “air” Narmada

PROGRAM MENARIK DENGAN DESTINASI CIAMIK ๐Ÿ˜€

Nah, sampai di sini mungkin Anda sudah lebih jelas dan ada gambaran wisata adat Lombok. Namun banyak juga yang masih bertanya – tanya. Berapa lama durasi dari program wisata 1 hari ini ?

Berwisata budaya 1 hari ke berbagai desa adat di Lombok ini idealnya kita mulai dari jam 08.00 WITA dan selesai sekitar jam 17.00 WITA. Namun kita juga tetap fleksibel terhadap jadwal Anda.

Apalagi jika Anda dapat pesawat sampai di Lombok siang hari, maka program di atas juga tetap bisa kita lakukan meskipun dengan beberapa penyesuaian.

Penyesuaian yang kami maksudkan adalah pada rute wisatanya. Sebab ada destinasi wisata adat Lombok yang punya jam buka tertentu dan ada juga yang bisa tetap buka meskipun hari sudah maghrib.

Okay kawan, itu dia program yang bisa kita nikmati untuk pembelajaran budaya dan kesenian di Lombok.

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang Wisata Budaya 1 Hari Desa Adat Lombok ini, jangan sungkan untuk disampaikan kepada Kami. Anda bisa langsung KLIK link di bawah ini dan Anda akan terhubung ke chatting CS kami yang ramah :

KODE 4.1.2

Bagikan ini :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *